Home

Dalam upaya memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang persaingan dunia bisnis sekarang ini yang di gemparkan dengan hadirnya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang harus dihadapi oleh semua unit usaha salah satunya usaha Koeprasi yang merupakan ciri khas dari Bangsa Indonesia. Maka dari itu STIE Satya Dharma Singaraja Pada hari Sabtu tanggal 6 Juli 2015 mengadakan seminar tentang PENGUATAN DAYA SAING KOPERASI DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA).  Koperasi merupakan produk ekonomi yang kegiatannya menjadi gerakan ekonomi kerakyatan, dan berjalan dengan prinsip gotong-royong. Semboyan koprasi yang menyebutkan dari rakyat, untuk rakyat karena koprasi berdiri atas anggota dan beroperasi untuk kesejahteraan anggota. Koprasi juga memiliki Asas yang mencermikan Bangsa Indonesia yaitu berasaskan kekeluargaan dan gotong royong. Koperasi didirikan dengan tujuan:

  1. Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup seluruh anggota pada khususnya dan lingkungan daerah kerja pada umumnya.
  1. Memenuhi kebutuhan anggota dalam hal ekonomi.
  2. Menggalang solidaritas dan toleransi antar anggota.
  3. Ikut membantu pemerintah dengan berperan membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujukan demokrasi ekonomi yang berkeadilan.
  4. Memajukan dan mengembangkan unit usaha yang sifatnya bisnis.

Mengingat koperasi bergerak dibidang  Pembiayaan atau usha jasa finansial maka Kunci sukses pengelolaan koperasi terletak pada “tingkat kepercayaan” yang didukung oleh sistem pengelolaan yang professional. Yang membedakan Koperasi dengan Badan Usaha lainnya terletak pada bagaimana hasil dari kinerja usaha diberlakukan.

Bangsa Indonesia kini sudah mulai masuk dalam bisnis global dan semua usaha didalamnya harus mampu bersaing.  Kondisi ini juga memacu masuknya MEA dalam dunia Perdagangan Indonesia. MEA adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN dalam artian adanya system perdagaangan bebas antara Negara-negara asean. Indonesia dan sembilan negara anggota ASEAN lainnya telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC).  Usaha koprasi merupakan salah satu uasaha yang memiliki ruang lingkup yang cukup kecil yang mau tidak mau harus berhadapan dengan MEAN dan Koprasi harus siap untuk itu.  MEA tidak perlu ditakuti, tetapi di “antisipasi” karena muara MEA adalah peningkatan persaingan.

MEA yang terjadi dalam dunia bisnis harus bisa dihadapai dengan usaha Kreatif, Inovatif dan Profesional selain itu mengingat Bangsa Indonesia memiliki budaya yang sangat kental yang harus dijadikan alat untuk menghadapi MEA. Secara konsep Budaya Organisasi  berpengaruh signifikan terhadap Orientasi Kewirausahaan sedangkan Kebijakan Pemerintah tidak berpengaruh signifikan terhadap Orientasi Kewirausahaan namun Budaya Organisasi berpengaruh terhadap Kinerja Usaha. Disisi lain Kebijakan Pemerintah akan berpengaruh terhadap Kinerja Usaha serta akan Orientasi Kewirausahaan berpengaruh terhadap Kinerja Usaha.

Pada intinya adapun kata kunci dari keberhasilan koprasi dalam menghadapi MEA yaitu

  • ž  Kunci keberhasilan pengelolaan Koperasi adalah bagaimana meningkatkan aspek kepercayaan
  • Peran Pemerintah untuk mendorong Orientasi Kewirausahaan perlu ditingkatkan
  • Motivasi berprestasi pengelola dikembangkan
  • Keberanian mengambil resiko dengan dasar perencanaan yang baik ditingkatkan
  • MEA tidak untuk dihindari apalagi ditakuti tetapi harus diantisipasi dan dihadapi

Pengumuman Akademik

Pengumuman Hasil Test Maru

  Penerimaan  Mahasiswa Baru STIE Satya Dharma Singaraja. Tahun Akademik 2015/2016. More...

STIE-learning

Hubungi Kami

Kampus STIE Satya Dharma Singaraja | School of Economic With Spiritual Insight. Jl. Yudistira No. 11 Singaraja - Bali.

0362-22950

 

info[at]stiesatyadharma.ac.id

Berlangganan Info

Nama :
Alamat Email :